081364012834 official@dendesain.com

Pelajari Teknik Cara Mendownload Gambar Dengan Adobe Bridge dan software Photo Downloader-nya. Pratinjau dan pilih gambar, simpan cadangan file Anda, tambahkan informasi hak cipta, dan tidak sedikit lagi! Bagi Adobe Bridge CC dan CS6.

Pada tutorial sebelumnya dalam Bab 1 Tentang Tutorial Memulai Belajar Photoshop, kita sudah belajar Cara menginstal Adobe Bridge CC . Bridge ialah File Browser yang disertakan dengan Photoshop dan dengan masing-masing langganan Creative Cloud. Sekarang sesudah Bridge diinstal, ayo kita belajar bagaimana memakai Bridge guna mengambil gambar dari kamera atau kartu memory kita ke komputer kita. Setelah Adobe Bridge mengunduh gambar, kita bisa mulai memakai Bridge untuk menata gambar dan membukanya ke dalam Photoshop.

Untuk mendownload gambar, Bridge sebetulnya menggunakan software internal yang terpisah yang dikenal sebagai Photo Downloader . Dalam tutorial ini, anda akan belajar teknik mengakses Photo Downloader di Bridge, dan teknik menggunakannya untuk mendownload file kita. Tutorial ini kompatibel dengan Adobe Bridge CC dan Adobe Bridge CS6. Namun, andai Anda pemakai Photoshop CC, pastikan Anda sudah menginstal Bridge CC sebelum melanjutkan. Sedangkan Adobe Bridge CS6 Terinstal secara otomatis dengan Photoshop CS6, sehingga pemakai CS6 tidak butuh menginstal Bridge secara terpisah.

Jadi.., Karna kita sedang belajarCara Mendownload Gambar Dengan Adobe Bridge, Sebaiknya Praktek Langsung Mendownload Beberapa foto. Untuk mengikutinya, Anda harus menyambungkan kamera atau kartu Memori Anda ke komputer.

Ini ialah pelajaran 3 dari 8 dalam Bab 1 – Tutorial Memulai Belajar Photoshop.

Cara Mendownload Gambar Dengan Adobe Bridge

Langkah 1: Buka Adobe Bridge
Pertama, guna mengunduh potret Anda, buka Adobe Bridge. Cara termudah untuk mengenalkan Bridge ialah dari Photoshop. Buka menu File (di Photoshop) di Bilah Menu di tab atas layar dan pilih Browse in Bridge :

Cara Mendownload Gambar Dengan Adobe Bridge 1

Langkah 2: Buka Pengunduh Foto
Dengan Bridge terbuka, buka Photo Downloader. Seperti yang saya sebutkan, Photo Downloader ialah aplikasi terpisah yang dibangun guna Adobe Bridge. Untuk memberikan sesuatu ke Dowloader Foto agar diunduh, pastikan kamera atau kartu memory Anda dicolokkan. Kemudian, guna membuka Pengunduh Foto, buka menu File (di Bridge) di tab atas layar dan pilih Foto dari Kamera :

Cara Mendownload Gambar Dengan Adobe Bridge 2

Cara lain untuk membuka Photo Downloader adalah dengan mengeklik ikon kamera di bilah alat yang berada di kiri atas tampilan Bridge:

Membuka Dowloader Foto Secara Otomatis (Hanya Mac)
Bridge pun dapat mengenalkan Photo Downloader secara otomatis ketika menghubungkan kamera atau kartu memory ke komputer Anda. Tetapi untuk pilihan ini hanya tersedia di Mac. Pengguna Windows bisa langsung berpindah ke Langkah 3.

Pada Mac, saat Photo Downloader terbuka untuk Pertama kalinya, Bridge bakal menanyakan apakah Photo Downloader harus dihubungkan secara otomatis setiap kamera atau kartu memory terhubung. Pilih Ya atau Tidak tergantung pada Anda. Untuk menghentikan Bridge supaya tidak menanyakan urusan ini setiap Anda membuka Photo Downloader, pilih Jangan tampilkan lagi sebelum membuat pilihan Anda:

Cara Mendownload Gambar Dengan Adobe Bridge 4

Sering kali kita mau berubah pikiran mengaktifkan atau menonaktifkan pilihan yang sama di Preferensi Bridge. Untuk membuka Preferensi, buka menu Adobe Bridge CC (atau Adobe Bridge CS6 ) di bagian atas layar dan pilih Preferensi (sekali lagi, ini melulu untuk pemakai Mac):

Cara Mendownload Gambar Dengan Adobe Bridge 5

Kotak dialog Preferensi akan terbuka ke pilihan Umum. Cari pilihan yang menuliskan When a Camera is Connected, Launch Adobe Photo Downloade. Centang atau hapus centang pilihan ini untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya. Kemudian, klik OK untuk memblokir kotak dialog Preferensi:

Cara Mendownload Gambar Dengan Adobe Bridge 6

Langkah 3: Pilih Kamera Atau Kartu Memori Anda
Setelah Photo Dowloader terbuka, pakai opsi Dapatkan Foto dari di atas untuk memilih sumber gambar Anda. Sumbernya ialah kamera atau kartu memory Anda. Terkadang Photo Downloader secara otomatis mendeteksi sumber yang tepat sesuai. Jika tidak, pilih sumber yang benar dari daftar. Jika kamera atau kartu memory Anda tidak terdaftar, pastikan dulu terhubung dengan benar ke komputer Anda. Kemudian, klik pilihan Refresh List .

Kalau  saya, kartu memory saya terhubung pakai USB card reader. Karena gambar saya diambil dengan kamera Canon, Cart muncul dalam susunan sebagai “EOS_DIGITAL”. Kartu Anda barangkali diberi nama sesuatu yang berbeda, tergantung pada produsen kamera Anda:

Cara Mendownload Gambar Dengan Adobe Bridge 7

Langkah 4: Beralih ke Advanced Dialog
Secara default, Photo Downloader hadir dalam apa yang dinamakan Adobe Standard dialog . Dialog Standar ialah versi simpel dari Tampilan Photo Downloader. Ini memberi anda akses ke beberapa, namun tidak semua pilihan yang tersedia untuk kita. Pilihan yang lebih baik ialah dengan memakai Advanced Dialog . Advanced Dialog sebenarnya tidak “advance”. Itu hanya memberi anda Lebih banyak pilihan. Untuk berpindah dari dialog Standar ke Advanced Dialog, klik tombol Advanced Dialog di kiri bawah kotak dialog:

Cara Mendownload Gambar Dengan Adobe Bridge 8

Advanced Dialog merangkum semua pilihan dari Standard dialog, ditambah sejumlah fitur ekstra dan penting. Sekarang Kita mempunyai area pratinjau besar yang memperlihatkan gambar mini seluruh gambar di kamera atau kartu memori. Kita pun mempunyai opsi di kanan bawah guna menambahkan informasi hak cipta (metadata) ke gambar saat sedang diunduh:

Cara Mendownload Gambar Dengan Adobe Bridge 9

Langkah 5: Pilih Gambar yang Ingin kita Unduh
Selain kita bisa melihat gambar, Preview Area pun memungkinkan kita memilih gambar yang hendak di unduh. Misalnya, Anda mau mengunduh semuanya dan memutuskan gambar mana yang pantas disimpan. Dengan Melihat gambar yang tidak kita butuhkan, bisa memilih untuk menghentikan pengunduhan gambar tersebut.

Di bawah masing-masing thumbnail, bareng dengan nama file, tanggal dan masa-masa pengambilan, kita akan melihat kotak centang . Setiap gambar dengan Menandai centang di dalam kotak bakal diunduh. Secara default, masing-masing gambar diperiksa. Jika  ada sejumlah gambar yang hendak Anda kecualikan, bisa hapus centang . Tergantung pada berapa gambar yang kita miliki, Anda barangkali perlu menggulirnya memakai bilah gulir di sebelah kanan:

Cara Mendownload Gambar Dengan Adobe Bridge 10

Jika terdapat lebih dari Beberapa gambar yang mau Anda kecualikan, barangkali lebih cepat tidak mencentang semuanya. Kemudian, Anda bisa secara manual memilih yang hendak Anda simpan. cara melakukannya, klik tombol Uncheck All di bawah lokasi pratinjau:

Cara Mendownload Gambar Dengan Adobe Bridge 11

Kemudian, tekan dan tahan tombol Ctrl (Win) / Command (Mac) pada keyboard dan klik pada gambar yang hendak Anda Download. Sebuah kotak highlight bakal muncul di dekat setiap gambar yang kita pilih. Setelah semuanya dipilih, klik di dalam kotak centang di antara gambar yang disorot guna memilih semuanya:

Cara Mendownload Gambar Dengan Adobe Bridge 12

Langkah 6: Pilih Tempat kita Ingin Menyimpan Gambar
Selanjutnya, kita butuh memilih tempat pada komputer anda di mana Photo Downloader akan menyimpan gambar. perhatikan pada dialog Save Options di kanan atas kotak dialog. Klik tombol Choose . Kemudian, Tentukan ke folder atau tempat Anda hendak menyimpannya. Di sini, saya bakal menyimpan punya saya ke folder dengan nama “foto” di Desktop saya. Idealnya, Anda hendak menyimpan gambar kita ke hard drive eksternal yang terpisah, namun saya akan memilih folder ini untuk contoh ini:

Cara Mendownload Gambar Dengan Adobe Bridge 13

Langkah 7: Buat Subfolder Gambar
Untuk menjaga gambar Anda lebih teratur, Photo Downloader akan membuat subfolder di tempat yang kita tentukan. Ini akan menyimpan gambar kita dalam subfolder. Secara default, subfolder bakal dinamai menurut tanggal pengambilan foto. Klik pada kotak di bawah Tulisan Create Subfolder(s) untuk membuka susunan pilihan penamaan yang telah ditentukan untuk folder. Sebagian besar pilihan hanyalah variasi pada tanggal pengambilan gambar.

Jika Anda membutuhkan sesuatu yang lebih spesifik, pilih Nama Khusus dari daftar, Lalu, masukkan sesuai keinginan anda nama foldernya. Karena saya mengambil foto-foto ini di Alaska, saya bakal memberi nama subfolder saya “Alaska“. Bagian Lokasi di atas memodernisasi untuk memperlihatkan pratinjau nama yang kita masukkan:

Cara Mendownload Gambar Dengan Adobe Bridge 14

Langkah 8: Ganti Nama File (Opsional)
Photo Downloader pun menyertakan pilihan Ubah Nama File yang memungkinkan kita mengubah nama gambar ketika diunduh.ketika itulah point pentingnya. Terdapat beberapa alasan mengapa saya merekomendasikan melakukannya. Alasan utamanya ialah Anda barangkali tidak hendak menyimpan seluruh gambar kita begitu kita punya peluang untuk melihatnya. Mengganti nama file terlebih dahulu dan  menghapus yang tidak anda sukai berarti kita selesai dengan jeda dalam urutan penamaan. Akan lebih baik guna meninjau gambar terlebih dahulu di Adobe Bridge. Lalu, kita dapat menghapus yang tidak pantas disimpan, dan mengubah namanya.

Di samping itu, Adobe Bridge menyertakan fitur Batch Rename yang membuatnya sangat gampang untuk mengubah nama banyak file sekaligus. Jadi, karna kita tidak tahu gambar mana yang akan anda simpan, dan anda bisa dengan gampang mengubah namanya nanti, tidak harus untuk mengubah nama mereka di sini.

Memilih Nama File Baru
Secara default, pilihan Rename Files ditata ke Do not rename files , Anda bisa dengan aman mengabaikannya. Tetapi, andai Anda butuh mengubah namanya di sini, klik pada kotak Rename Files guna memilih dari susunan Custom Name yang sudah ditetapkan. Sekali lagi, Kebanyakan ialah variasi pada tanggal pemotretan. Ada pun Pilihan Nama Kustom yang memungkinkan anda memasukkan nama anda sendiri untuk file. Saya akan memilih Nama Khusus, dan saya bakal memasukkan “Alaska”. Contoh nama file baru hadir langsung di bawah bidang nama:

Cara Mendownload Gambar Dengan Adobe Bridge 15

Mengatur Ekstensi Empat Digit Dan Mempertahankan Nama File Asli
Di sebelah kanan bidang nama ialah bidang beda dengan nomor di dalamnya. Nomor tersebut ialah nomor mula dari ekstensi empat digit yang bakal ditambahkan ke nama file. Nilai default ialah 1, yang berarti urutannya akan dibuka dengan “0001”. Anda bisa memasukkan nilai kita sendiri juga. Sekali lagi, misal nama baru, bareng dengan ekstensi empat digitnya, hadir di bawah bidang nama. Dalam permasalahan saya, file bakal diganti namanya dibuka dengan “Alaska_0001”.

Jika Anda hendak menyematkan nama file pribumi dengan gambar, pilih pilihan Pertahankan Nama File ketika ini di XMP . Jika kita berubah benak dan menyimpulkan untuk tidak mengolah nama file, laksana yang bakal saya lakukan, setel kotak Ubah Nama File menjadi Jangan mengolah nama file :

Cara Mendownload Gambar Dengan Adobe Bridge 15

Langkah 9: Opsi Lanjutan
Tepat di bawah Simpan Opsi ialah bagian Opsi Lanjutan . Tapi anehnya, kita tidak akan mengejar opsi lanjutan di sini. Sebagai gantinya, kita akan mengejar empat pilihan yang sama yang pun ditemukan dalam dialog Standar. Tetap saja, opsi-opsi ini penting, jadi ayo kita melihatnya. Anda barangkali perlu mengklik ucapan-ucapan “Opsi Lanjut” guna memutar unsur yang terbuka.

Buka Adobe Bridge
Opsi kesatu di unsur “Advanced” ialah Open Adobe Bridge . Biarkan pilihan ini dicentang supaya Bridge tersingkap ke folder yang mengandung gambar Anda sesudah unduhan selesai:

Cara Mendownload Gambar Dengan Adobe Bridge 18

Opsi selanjutnya adalah Konversi ke DNG . DNG adalah singkatan dari “Digital Negative” dan merupakan versi Adobe dari format file mentah . Jika kamera Anda mendukung format mentah dan gambar Anda ditangkap sebagai file mentah, sebaiknya pilih opsi ini. Ini akan mengonversi gambar Anda dari format file mentah kamera Anda ke format DNG Adobe ketika sedang diunduh. File DNG lebih kecil dari file mentah asli kamera Anda sehingga mereka akan mengambil lebih sedikit ruang tanpa kehilangan kualitas. DNG juga merupakan format open source, tidak dimiliki oleh produsen kamera mana pun. Ini dapat membantu menjaga gambar Anda kompatibel dengan versi Photoshop dan perangkat lunak lain di masa depan. Dan, untuk alasan yang akan kita lihat di bagian Camera Raw kami,

Kami akan belajar lebih banyak tentang format DNG di tutorial lain. Untuk saat ini, jika Anda terbiasa dengan DNG, silakan dan pilih opsi ini, jika tidak Anda dapat dengan aman membiarkannya tidak dicentang. Anda selalu dapat mengonversi file mentah ke DNG nanti jika Anda memilih:

Cara Mendownload Gambar Dengan Adobe Bridge 20

Hapus File Asli
Opsi ketiga ialah Hapus File Asli . Ini bakal menghapus gambar kita dari kamera atau kartu kenangan Anda segera sesudah unduhan selesai. Biarkan pilihan ini dimatikan. Jika tidak, Anda dapat kehilangan file kita selamanya andai terjadi kekeliruan selama proses pengunduhan. Cara yang lebih baik guna bekerja ialah meninggalkan file di kartu kenangan Anda hingga Anda yakin semuanya sukses masuk ke komputer kita dengan aman. Kemudian, guna menghapus gambar, bentuk kartu kenangan di kamera Anda ketika berikutnya kita memotret:

Cara Mendownload Gambar Dengan Adobe Bridge 20